Friday, February 2, 2018

Jadwal Makan Penderita Gerd Gastritis

Hai, teman2 pembaca

Saya beberapa kali mendapat pertanyaan tentang kesembuhan dari gerd gastritis, “mbak, dulu makannya gimana?”. Maka kali ini saya akan menuliskan pola makan yang pernah saya jalani dulu. Saya dulu menerapkan food combining selama masa2 tersulit saya menghadapi gerd dan gastritis. Namun saya bukanlah penganut FC garis keras, he he...

Pagi
06.00 : Air hangat segelas 250 ml + madu murni 2 sdm

07.00 : Sarapan buah part 1 buah2an berair dan manis
(Pepaya, buah naga merah, melon, anggur manis)

Sarapan buah pepaya


09.00 : Sarapan buah part 2
(Pisang raja/ pisang kepok kuning/ kepok merah/ pisang mas)

11.30 : jus timun (kadang2 sih kalau saya, he he)

Siang
12.00 : Makan siang
Nasi + sayur/ lalapan + tahu/ protein nabati
Atau
Sayur/ lalap + Protein hewani (telur/ ikan/ ayam)

Contoh Menu

14.00 : Jus sayur
(wortel timun, wortel bengkuang, atau sayur lain)

Sore
16.00 : Ngemil time/ Kudapan 
Cake tepung beras, bubur kacang hijau, kelapa muda, alpukat, teh rempah, kacang mede, kacang almond, bubur sumsum


Contoh kudapan

Malam
18.00 : Makan malam
Nasi + sayur/ lalap + protein nabati tahu/ tempe

20.00 : Jus sayur bila lapar

Sebelum tidur minum Air hangat segelas 250 ml + madu murni 2 sdm

Catatan :
Minum air putih segelas satu jam setelah makan. Kalau terpaksa sehabis makan boleh minum seteguk dua teguk.
Masak sayur kurang lebih 1 menitan jangan sampai layu
Buah untuk sarbu khusus semangka dan melon makan terpisah dari buah lain. Beri jarak 30 menit dengan buah lainnya.
Sangat disarankan untuk menghindari bubur beras kecuali keadaan khusus. Sebab bubur beras itu overcook dan makanan overcook jatuhnya asam di pencernaan. Bila ingin makanan lembut, sebaiknya nasi tim saja.

Jenis buah, sayur dan makanan yang saya sebutkan di atas hanyalah contoh yang saya makan. Selera dan kemampuan tubuh orang dalam menerima makanan berbeda. Jadi bisa disesuaikan dengan kondisi masing2 pasien.


Demikianlah cerita tentang pola makan yang pernah saya jalani dulu.

9 comments:

  1. Apakah sekarang mbak sudah sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan di atas sudah disebutkan kalau itu adalah pola makan yg pernah saya jalani dulu 😁

      Delete
  2. Itu sampe berapa lama mbak nyampe bisa sembuh.

    ReplyDelete
  3. Oh iya itu air + madu di campur atau di minum terpisah mbak

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mba utk infonya, saya sdg mengalami gerd, kalau lagi kambuh sampai jantung berdebar dan gelisah dan muncul perasaan khawatir serta pikiran-pikiran negatif. Mohon do'anya spy cepat sembuh

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya.. Butuh waktu brp lama sembuh dari gerdnya mba?

    ReplyDelete
  6. teh berarti. . waktu FC teteh jeniper nya diganti dengan minum madu?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Apakah dibarengi dengan minum obat dari dokter mba?

    ReplyDelete