Thursday, July 26, 2018

PEGAL2 DAN KAKU LEHER PUNDAK PADA PENDERITA KELUHAN ASAM LAMBUNG

Kenapa penderita asam lambung cenderung mudah merasa pegal2, salah satunya di area leher dan pundak?
Karena aslamer rata2 kemampuan absorbsi Vit B nya berkurang sehingga rentan kekurangan Vit B. Sedangkan Vit B diperlukan untuk kinerja otot dan saraf.
Pegal2 bisa disebabkan oleh penumpukan asam laktat.
Asam laktat merupakan sisa metabolisme tubuh yang dapat menumpuk ketika tubuh kekurangan oksigen. Kadar asam laktat pada tubuh juga bisa meningkat karena beberapa hal, seperti olahraga yang dilakukan secara berlebihan atau kondisi kesehatan tertentu.
Orang yang sakit gerd/ asam lambung yg juga disertai ansietas, metabolismenya tidak senormal orang yg sehat, maka bisa mudah terjadi penumpukan asam laktat dan lambatnya penguraian asam laktat yang ditandai dengan mudah merasa kaku dan pegal2.
Orang yang mengalami stres dan kecemasan juga jadi mudah mengalami pegal2. Karena itu tubuh perlu asupan gizi yg cukup mendukung dalam menghadapi stres selain juga perlu banyak relaksasi.
Mudah pegal2 juga bisa disebabkan peredaran darah yg kurang lancar.


Bagaimana cara mengatasi pegal di leher dan pundak pada aslamer?
1. Olahraga peregangan
Lakukan olahraga peregangan sederhana seperti menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah ataupun dari sisi ke sisi, dan dari telinga ke telinga. Lakukanlah secara perlahan-lahan saat bangun tidur, di sela-sela Anda bekerja sebagai sarana rileksasi ataupun saat sebelum tidur.
2. Melakukan pijat
Anda bisa melakukan pijat ke tukang urut profesional ataupun meminta keluarga Anda di rumah. Lakukan pijatan dengan lembut pada bagian leher menggunakan minyak pijat atau minyak tawon.
3. Memilih bantal yang tepat
Untuk mengurangi rasa nyeri leher, Anda harus memilih bantal yang tepat. Juga jemurlah bantal yg anda gunakan secara berkala. Gunakanlah bantal yang nyaman untuk leher Anda. Tidur dengan posisi yg benar.
4. Terapi kompres
Gunakan air panas yang dibungkus dalam wadah untuk ditempelkan di bagian leher dan pundak ataupun bagian yg kaku.



5. Berjemur pagi
Berjemur untuk mendapatkan Vitamin D sangat baik bagi metabolisme tubuh apalagi disertai olahraga ringan untuk memperlancar sirkulasi darah.
6. Minum Vitamin B Kompleks
Minum B Kompleks dosis minimal 50 mg an (kecuali untuk B12 dan biotin satuannya mcg) sangat membantu mengurangi pegal2 pada aslamer karena Vit B diperlukan bagi kinerja saraf dan otot. Vitamin B Kompleks bisa diminum pagi atau siang hari setelah makan.

Contoh Vitamin B Kompleks

7. Memakai Magnesium Oil
Stres dan kelelahan bisa menguras cadangan magnesium dalam tubuh.
Magnesium Oil bisa dioleskan di area yg diperlukan untuk menghilangkan rasa pegal, linu maupun nyeri otot.

Contoh Magnesium Oil Spray

8. Konsultasi ke dokter
Jika Anda mengalami nyeri leher yang semakin memburuk atau tidak mulai membaik dalam satu sampai dua minggu, segeralah konsultasi ke dokter. Pasalnya dokter akan segera memberi tahu ketika Anda mungkin membutuhkan perawatan yang lebih khusus untuk meredakan gejala yang Anda alami. Barangkali ada kemungkinan dirujuk untuk fisioterapi.

Demikian info yang saya rangkum. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment