Wednesday, December 13, 2017

Mengobati Panas Dalam Secara Alami

Halo teman2 pembaca yang berbahagia

Kali ini saya akan membagikan cara untuk meredakan panas dalam secara alami. Panas dalam identik dengan rasa panas mulai dari mulut, kerongkongan sampai saluran pencernaan. Biasanya terdapat gejala radang tenggorokan. Panas dalam adalah tanda bahwa metabolisme tubuh kita sedang mengalami gangguan.

Ada beberapa yang konsumsi yang perlu dihindari bagi yang sedang mengalami panas dalam, antara lain:
1. Makanan berminyak, mentega, margarin dan yang bersantan
2. Makanan dan minuman dingin
3. Makanan pedas
4. Soda
5. Makanan dan minuman yang terlalu manis dan yang mengandung pemanis buatan
6. Hindari buah2 tertentu yang bisa memperparah radang tenggorokan seperti : nanas, durian, cempedak, nangka.


Setelah membicarakan pantangan bagi yang terkena panas dalam, sekarang kita beralih ke solusinya.
Berikut ini adalah konsumsi yang pernah saya coba dan manjur untuk meredakan panas dalam.

1. Air Kelapa Muda


Air kelapa muda mengandung banyak mineral dan kandungan yang menenangkan saluran pencernaan. Ini favorit saya karena enak dan lumayan mudah didapat.
Salah satu faktor penyebab panas dalam adalah karena tubuh mengalami dehidrasi/ kekurangan cairan. Air Kelapa Muda adalah minuman isotonik alami pengganti cairan tubuh yang efektif mengatasi dehidrasi. Air kelapa mengandung komposisi mineral dan gula yang memiliki kesetimbangan elektrolit seperti cairan tubuh manusia. Air kelapa muda juga mengandung Vit C yang berperan dalam menetralisir panas dalam. 

2. Madu Murni
Hanya contoh madu yang pernah saya beli

Saya biasa melarutkan 2 sdm madu murni di segelas air hangat 200 ml. Jika mau bisa juga diminum langsung. Madu mengandung anti inflamasi dan anti bakteri alami sehingga bisa membantu menyembuhkan peradangan. Panas dalam adalah gejala yang biasanya karena terdapat peradangan di saluran cerna termasuk tenggorokan.

3. Bengkoang

Gambar diambil dari artikel ini

Umbi bengkoang bisa dimakan langsung maupun dijus. Bengkoang mengandung manfaat Vit C, anti inflamasi juga mengandung berbagai vitamin sehingga bisa mendinginkan dan menenangkan pencernaan.

4. Timun

Mentimun bisa dimakan langsung sebagai lalap maupun dijus. Sayur ini sangat baik untuk pencernaan. Mentimun mempunyai banyak kandungan air, vitamin, mineral, bisa berkhasiat untuk mengatasi asam lambung berlebih yang bisa menyebabkan peradangan pada saluran cerna.


5. Makan buah2an yang banyak mengandung air seperti : Semangka, melon, pepaya, jambu air

Melon buah kaya air dan menyegarkan 

pepaya kaya akan Vit C

6. Teh Chamomile

contoh salah satu merk teh chamomile yang pernah saya konsumsi

Teh Chamomile memiliki kandungan anti inflamasi/ anti peradangan sehingga bisa meredakan gejala panas dalam.

Selain saran2 di atas yang saya suka praktekkan, ada cara2 lain yang pernah disarankan orang lain untuk saya yang juga saya catat.
Saran konsumsi lainnya untuk meredakan panas dalam yang saya dapat dari info teman yang mempraktekkan dan orang sekitar adalah antara lain:

1. Luo Han Kuo (Minuman teh Lo Han Kuo)
Gambar diambil dari pinterest

Sekarang juga banyak tersedia merk produk minuman Luo Han Kuo Infusion. Kandungan Luo Han Guo dikenal dapat menyeimbangkan panas tubuh yang disebabkan kondisi panas eksternal ataupun internal.

2. Daging Lidah Buaya


Gambar diambil dari SINI

Mengandung polisakarida yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bersifat anti inflamasi untuk mengatasi peradangan di saluran cerna. Mengandung vitamin A, beberapa vitamin B, C, choline, inositol, mineral, asam amino dan enzim.

3. Cincau/ Grass jelly

Cincau hijau
Gambar diambil dari SINI

Cincau Hitam (gbr kanan)
Pic diambil dari SINI

Cincau mengandung saponin, tokoferol, alkaloid, mineral fosfor, serta anti oksidan sehingga bisa mengobati panas dalam dan meningkatkan imunitas tubuh.

4. Minuman akar dan atau daun alang2

Akar Alang2 
Pic diambil dari sini

Akar alang2 punya sifat manis dan sejuk, mengandung flavonoid yang dapat menghambat pembentukan prostaglandin dimana pada gilirannya dapat mencegah peningkatan suhu tubuh. Akar alang2 bisa direbus untuk diminum.

5. Teh Chrysanthemum

Gambar diambil dari sini

Teh Chrysanthemum bersifat dingin dan menenangkan, anti inflamasi, mengandung choline, vitamin A, Vitamin B1, glycosides, adenine, amino acids, flavonoid, volatile oil  dan nutrisi yang lain. 

6. Sari Tebu


Air perasan tebu
Gambar diambil dari artikel ini

Air tebu selain menyegarkan juga kaya vitamin dan mineral.


7. Licorice (Kayu Manis)

Gambar diambil dari khasiat.co.id

Licorice bisa membuang panas, mengandung glycyrrhizic acid sebagai anti inflamasi, dapat mempercepat perbaikan dinding saluran cerna, mengembalikan keseimbangan asam basa cerna. Namun tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.


Selain cara pengobatan yang saya sebutkan di atas, kita perlu air minum dalam jumlah cukup dalam sehari kurang lebih 8 gelas atau sekitar 2 liter agar terhindar dari dehidrasi dan panas dalam. Kita juga wajib memperhatikan nutrisi dengan makan cukup asupan basa yang kaya vitamin dari sayur dan buah. Sebab panas dalam mudah terjadi pada kondisi tubuh yang asam yang bisa disebabkan kurangnya asupan basa.
Nah, dengan informasi begini mudah2an bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengobati gejala panas dalam dengan bahan alami. 

(Referensi dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment