Monday, December 18, 2017

Istirahatkan Pikiran Kita Dari Masalah Sehari- hari

Halo teman2 pembaca yang berbahagia

Jumpa lagi dengan postingan saya. Kali ini saya mau bagi sedikit artikel tips yang pasti sangat bermanfaat bagi teman2 yang terkadang merasa pikiran overload oleh kesibukan maupun urusan keseharian.

Istirahatkan pikiran kita dari masalah sehari2, lepaskanlah kekhawatiran kita.



Melakukan meditasi, mandi berendam santai, jalan2 di tengah alam yang sejuk, dan menekuni kegiatan apa saja yang membuat kita bersemangat dan rileks dapat membantu untuk melepaskan diri dari lekatnya pikiran terhadap problem hidup yang tengah dihadapi. Namun, kadang kita merasa enggan beristirahat sejenak karena khawatir pikiran/ perhatian kita bakal teralihkan dan jadi tidak fokus untuk berupaya menyelesaikan persoalan yang sedang ada. Kalau kita punya pola pikir seperti itu, mungkin cara meditasi seperti berikut ini bisa membantu.

---

Meditasi untuk melepaskan permasalahan dalam pikiran

Pertama, kita tulis apa saja rincian persoalan yang ada dalam pikiran kita. Dengan begini, kita punya daftar apa saja yang mau kita selesaikan.

Pilih tempat yang nyaman untuk duduk atau berbaring, dimana kita bisa merasa tenang tanpa gangguan. Pusatkan konsentrasi untuk mengatur napas dengan irama lambat dan santai, niatkan melepaskan ketegangan dari tubuh kita.

Bayangkan sebentuk awan berada di hadapan kita. Lalu imajinasikan kita menaruh semua permasalahan yang ada dalam pikiran kita ke atas awan tersebut. Kita bisa meletakkan sebanyak mungkin kekhawatiran yang ingin kita hilangkan.

Setelah selesai memindahkan semua kekhawatiran dari pikiran kita ke awan tersebut, bayangkan si awan melayang tinggi ke angkasa. Semakin jauh dari pandangan kita.

Sambil melihat awan tersebut yang semakin tinggi dan akan lenyap, tegaskan pada diri bahwa, “Permasalahan saya telah terbang tinggi ke angkasa untuk mendapat penyelesaian. Jawabannya akan muncul di hadapan saya.”

Perhatikan awan itu menjauh hingga terlihat seperti titik kecil, lalu lihatlah awan itu menghilang.
Setelah itu, Pandanglah matahari yang muncul dan rasakan hangat sinarnya. Percayalah kita akan mendapatkan jawaban atas permasalahan yang sedang kita hadapi.

Sekarang biarkan semua imajinasi tersebut memudar dan hilang.

Tarik napas beberapa kali dengan rileks. Lalu buka mata kita. Bilang ke diri sendiri, “Saya sudah memberi waktu untuk diri saya istirahat dari permasalahan”.

---

Sehabis meditasi, lakukan hal yang dapat membantu mengalirkan energi mental secara santai, seperti menonton film yang menghibur, mendengarkan musik yang rileks, dan apa saja yang dapat membuat perasaan kita lebih baik.
Jadwalkan waktu istirahat kita dan tentukan durasi lamanya, bisa 30 menit sehari atau sesuai kebutuhan. Dan putuskan bahwa selama waktu istirahat tersebut, kita membebaskan diri dari masalah yang tengah membebani. Meletakkan masalah untuk sementara adalah baik untuk kesehatan dan pikiran. Saat waktu istirahat selesai, kita bisa kembali menghadapi persoalan dan mencoba menyelesaikannya dengan pikiran yang jernih dan inspirasi/ ide segar.


Sumber artikel : Josephine Collins

No comments:

Post a Comment