Tuesday, December 19, 2017

Manfaat dan Aturan Minum Air Kelapa Muda

Halo teman2 pembaca, siapa yang suka air kelapa muda?
Kalau buat saya, kelapa muda ini favorit banget, selain rasanya yang menyegarkan apalagi kalau diminum siang2, berasa nyess di tenggorokan, mantap lahh, khasiatnya banyak lho.

Kelapa muda

Biasanya saya beli kelapa muda di penjual, saya bilang pesan kelapa muda tawar tanpa es tanpa gula, orangnya sampai hapal karena sudah langganan, he he...

Manfaat Air Kelapa Muda antara lain sebagai berikut.

1. Menetralisir asam lambung berlebih/ meredakan refluks asam lambung

2. Sumber vitamin dan mineral

3. Mengatasi gejala panas dalam

4. Mengatasi dehidrasi
Karena air kelapa muda adalah minuman isotonik alami yang komposisinya cepat menggantikan ion2 dalam tubuh yang hilang sehingga cepat mengatasi dehidrasi.

5. Pertolongan pertama pada luka
Ini saya dapat dari pengalaman seorang teman yang pernah mengalami luka kecelakaan dan setelah lukanya dibersihkan, diusap dengan air kelapa muda sebagai pertolongan pertama. Menurut kesaksian dia, lukanya jadi agak teredam setelah diberi air kelapa muda.

6. Detoksifikasi
Air kelapa muda dapat digunakan untuk mengobati alergi dan keracunan makanan.

Saya biasa menggunakan air kelapa muda untuk menetralkan gejolak asam lambung. Bagi saya lumayan berkhasiat. Tentunya ada aturan2 yang perlu diperhatikan.


Aturan Minum Air Kelapa Muda untuk mengatasi keluhan asam lambung

1. Usahakan air kelapa segar alias baru diambil dibuka batok buahnya. Hindari mendiamkan air kelapa terlalu lama di ruangan sebab bisa kena oksidasi.
Kalau mau menyimpan, sebaiknya taruh kulkas namun sebaiknya tidak diminum dalam keadaan kelewat dingin.

2. Sekali minum, maksimal 250 ml air kelapa dalam 1 jam. Apabila ada sisa, bisa diminum lagi 1 atau 2 jam kemudian. Hindari konsumsi berlebihan.

3. Ketika minum air kelapa muda baiknya jangan dalam keadaan perut penuh habis makan. Tunggu 1 jam setelah makan.

4. Sebaiknya tidak diberi gula, apalagi air jeruk sebab akan merusak kandungan asli air kelapa itu sendiri. Saya sendiri biasa minum air kelapa muda dan makan daging kelamud tanpa campuran.

5. Dilarang meminum air kelapa berdekatan dengan obat dan suplemen sebab akan menetralkan.

6. Sebaiknya tidak diberi es batu.


Demikianlah info dari saya, semoga bermanfaat, sampai jumpa di posting berikutnya. 

No comments:

Post a Comment