Thursday, December 21, 2017

Konsumsi Untuk Meredakan Gejala Asam Lambung Naik

Bagi yang mengalami gejala gerd dan atau gastritis, ketika asam lambung naik, bergolak dan perut terasa panas, bisa diatasi dengan cara2 alami sebagai berikut.

1. Air Kelapa Muda


Minum 250 ml atau segelas air kelapa muda murni yang masih segar alias baru diambil dari batoknya. Dilarang menambahkan gula atau apapun. Sebaiknya konsumsi air kelapa berjauhan dengan obat ataupun suplemen. Saya pernah menulis soal kelapa muda di SINI.


2. Mentimun


Ambil satu buah mentimun sedang lalu kupas dan makan. Bisa juga dibuat jus dengan tanpa penambahan gula atau apapun kecuali air secukupnya.

3. Bengkoang

sumber gambar dari sini

Jus satu buah sedang umbi bengkuang, bisa diambil airnya saja atau dimakan bersama ampas. Tanpa penambahan gula dan apapun kecuali air. Jika suka bisa dimix dengan wortel atau sayuran lainnya. Minum kapan saja untuk meredakan asam lambung naik.

4. Larutan Tepung Sagu

Ini tepung sagu yang dulu biasa saya pakai
gambar sumber dari sini

Siapkan 100 ml- 200 ml air hangat atau air matang. Ambil 3 sendok makan tepung sagu lalu larutkan. Segera minum sampai habis. Larutan ini bisa diminum 30 menit sebelum makan, 2 atau 3 kali sehari, atau kapanpun ketika asam lambung naik.
Ada juga yang suka mencampurkan gula aren kedalam larutan ini, namun saya dulu biasanya ngga pakai gula.

5. Jus buah2an


Buah2an yang disarankan adalah yang banyak mengandung air. Jus buah hanya bisa dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

6. Madu dilarutkan ke air hangat



Siapkan air hangat 1 gelas 200 ml lalu ambil 2 sdm madu murni dan larutkan. Minum segera.


Demikianlah cara2 yang pernah saya terapkan untuk meredakan asam lambung yang naik. Tentunya semua cara tersebut sebaiknya diiringi dengan perubahan pola makan juga. Penderita keluhan asam lambung perlu menerapkan pola makan sehat demi perbaikan organ pencernaan. 

No comments:

Post a Comment