Monday, December 4, 2017

Konsumsi Selain Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Sakit Lambung

Selain makanan dan minuman yang telah saya sebut di artikel sebelumnya di SINI, konsumsi lain2 yg perlu dihindari penderita keluhan lambung (GERD dan jenis penyakit lambung lainnya) antara lain:

1. Vitamin C produk farmasi (asam ascorbat)

Termasuk suplemen tambah darah yang mengandung vit C. Sebab Vitamin pabrikan secara kimia isotopnya beda dengan vitamin C alami dari buah dan sayur. Vit C pabrikan mudah diserap tubuh karena lebih reaktif dan konsekuensinya bisa meningkatkan resiko sakit lambung. Penderita lambung sebaiknya mencukupi kebutuhan Vit C dari makanan alami seperti buah dan sayur.


2. Rokok

3. Obat penghilang rasa nyeri NSAID (meloxicam, ibuprofen, dan sejenisnya).
Sebab penggunaan NSAID bisa menimbulkan radang hingga luka pada lambung dan usus. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/nyeri-kronis/apa-itu-nsaid/

4. Obat batuk beralkohol

5. Obat penambah darah yang mengandung zat besi (ferro) dalam kadar tinggi. Suplemen anemia biasanya mengkombinasikan kandungan zat besi (ferro) dengan Vit C, tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita sakit lambung.

6. Obat telan anti inflamasi/iritasi/ alergi kortikosteroid semacam dexamethasone dan sejenisnya.

Konsumsi hal2 tersebut bisa beresiko membuat lambung makin meradang jadi sebaiknya dihindari.
Sementara inilah informasi yang saya dapat, saya mungkin akan mengupdate kembali artikel ini apabila ada info baru. Jika teman2 pembaca ada yang mau menambahkan masukan, silahkan, dengan senang hati saya menerima.

Bagi kalian yang mempunyai keluhan lambung namun sedang mengalami alergi, sakit gigi dan rematik, jika berobat sampaikan pada dokter bahwa kalian ada keluhan lambung sehingga obat2 yang diresepkan akan disesuaikan. Saya menemui beberapa kawan saya yang punya keluhan lambung mengalami kekambuhan akibat resep obat sakit gigi yang biasanya mengandung salah satu atau beberapa dari yang saya sebutkan di atas.. 

Perlu diingat kalau saya disini membuat artikel ini hanya berdasar pengalaman pribadi saja, saya bukan ahli kesehatan jadi tidak bisa menjawab apabila ada pertanyaan seputar keluhan kesehatan.
Saya sarankan pembaca untuk konsultasi ke dokter atau ahli kesehatan yang terpercaya apabila ada keluhan, untuk memastikan diagnosa agar tidak menebak2.

Blog yang saya tahu cukup membantu untuk informasi seputar penyakit GERD adalah http://chikosafaraz.blogspot.co.id

Untuk GERD ada grup FB yang khusus membahas soal tersebut yaitu GAI (Gerd Anxiety Indonesia), GIHM dan GAL.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam menambah referensi informasi terutama bagi yang masih awam soal pantangan untuk penyakit GERD,  tukak lambung, gastritis kronis dan akut. 
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.



No comments:

Post a Comment